Jumat, 11 Januari 2013

Uniknya Batik Cirebon Motif Kumpeni


Bagi masyarakat pecinta batik tentu sudah tidak asing lagi dengan batik Cirebon. Salah satu motif batik Cirebon yang terkenal adalah motif megamendung. Selain motif megamendung, batik Cirebon juga memiliki motif lain yang tak kalah menarik yaitu motif kumpeni. Mungkin masih banyak yang belum mengenal batik motif kumpeni. Motif kumpeni ini dahulu kala konon banyak dibuat oleh pengusaha Belanda di Pekalongan dan Cirebon. Pembuatan batik motif kumpeni di Cirebon sendiri banyak dikerjakan oleh pengrajin batik di desa Trusmi. Desa Trusmi memang menjadi sentra kerajinan batik di Cirebon dan dijadikan sebagai tujuan wisata belanja batik Cirebon.
Ciri batik kumpeni motifnya menggambarkan tentara VOC pada jaman pendudukan Belanda di Indonesia. Biasanya menggambarkan tentara kompeni dengan senapan laras panjang/ bedil dan meriam menjadi ciri khasnya. Selain itu menggambarkan keseharian kehidupan penduduk semasa penjajahan Belanda seperti kehidupan petani, nelayan dan pedagang yang digambarkan dalam sehelai kain batik. Hal lain yang menjadi ciri motif kumpeni biasanya warna latar kain batik dibiarkan berwarna putih, tapi ada juga yang latarnya diberi warna.
Jika motif batik lainnya lebih menitikberatkan pada ornamen flora dan fauna serta berbagai bentuk simbol tertentu yang tertuang dalam sehelai kain batik, yang menjadikan batik memiliki makna filosofis pada setiap motifnya. Sedangkan pada motif kumpeni yang menjadi ciri khasnya adalah makna yang jelas pada motif batiknya dengan adanya gambar yang bercerita.
13542793011553883472
batik tulis kumpeni motif tentara VOC dan penduduk pribumi (foto dok. pribadi)
13542794931624616731
batik tulis kumpeni motif binatang jerapah, kuda dan gajah (foto dok. pribadi)
13542799771498665375
batik tulis kumpeni motif pedagang (foto dok.pribadi)
Ibarat relief yang terpahat pada dinding candi yang menggambarkan rangkaian cerita bersejarah. Begitupun dengan batik motif kumpeni, dengan melihat gambar di sehelai kain batik motif kumpeni, kita seperti dibawa melihat gambaran masa-masa jaman dahulu saat penjajahan Belanda dan aktifitas kehidupan masyarakatnya saat itu.
Melihat perkembangan batik motif kumpeni saat ini tergolong unik, jika dulu motif kumpeni lebih menggambarkan kehidupan pada masa-masa pendudukan Belanda. Maka sekarang motif kumpeni lebih berkembang lagi dengan design motif mengikuti perkembangan jaman.
Saat ini batik kumpeni motifnya tidak hanya menceritakan kehidupan masa pendudukan Belanda, tapi disesuaikan dengan cerita kehidupan masa kini. Ya, sekarang kan bukan lagi jaman kumpeni. Lalu kenapa batik kumpeni yang motifnya kehidupan masa kini tetap disebut batik motif kumpeni? Mungkin karena tetap ada ciri khas motif kumpeni yaitu gambar motif yang bercerita tentang kehidupan.
Jadi bagi masyarakat pecinta batik yang menyukai batik motif kumpeni ada dua pilihan, bisa memilih batik kumpeni dengan motif asli tempo dulu yang menggambarkan kehidupan masa penjajahan Belanda atau batik kumpeni yang bermotif kehidupan masa kini.
Sehingga tidak heran jika kita berkunjung ke sentra kerajinan batik Cirebon di Trusmi akan kita temui beraneka rupa motif kumpeni yang unik seperti motif dengan tema permainan anak, aktivitas memancing, pasar malam, pedagang keliling, permainan tenis, penari dan lain-lain. Bahkan ada juga motif batik kumpeni dengan tema kendaraan seperti mobil VW kodok dan motor scooter.
1354280255723658739
batik tulis kumpeni motif permainan anak (foto dok. pribadi)
Sekarang ini pengrajin batik mengkreasikan motif batik kumpeni sesuai perkembangan jaman. Inilah yang menjadikan motif batik kumpeni sekarang ini kelihatan unik dan terkesan modern. Kreatifitas seorang pembatik dalam menuangkan cerita kehidupan diatas kain batik menghasilkan motif batik kumpeni yang terkesan unik.
Salam pecinta batik 
http://unik.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini